Account
Please wait, authorizing ...
×

 

Jakarta (23/9), Rangkaian Kegiatan Konsolidasi Nasional (Konsolnas) KPU-RI memasuki puncaknya pada hari ini. Bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan Jakarta Pusat, seluruh Komisioner & Sekretaris KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Indonesia berkumpul jadi satu untuk menyatukan tekad menyelenggarakan Pemilihan 2020 yang sukses, aman, dan lancar.

Dalam sambutannya dihadapan peserta dan undangan dari beberapa Kementerian, LSM, dan berbagai Lembaga yang telah mendukung suksesnya Pemilu 2019, Ketua KPU-RI Bpk. Arif Budiman menyampaikan optimis Pemilihan 2020 akan berlangsung dengan sukses. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa suksesnya Pemilu 2019 dengan beragam capaian yang telah berhasil ditorehkan itu tidak terlepas dari dukungan banyak pihak baik sesama penyelenggara pemilu, pemerintah hingga TNI/POLRI. Dia pun berharap kerjasama yang telah terbangun bisa terus dilanjutkan untuk penyelenggaraan Pemilu maupun Pemilihan selanjutnya. "Mudah-mudahan kerjasama dengan semua pihak bisa terus dilakukan dan Pemilihan 2020 bisa lebih sukses dibanding Pemilu 2019," tutur Ketua KPU-RI Bpk. Arif Budiman.

Puncak Kegiatan Konsolnas yang berlangsung dengan semarak ini ditandai dengan Peluncuran Pemilihan Serentak 2020 oleh KPU Republik Indonesia. Ini merupakan tanda bahwa pada Tahun 2020 KPU Republik Indonesia dengan segenap jajarannya baik di Pusat maupun di Daerah telah siap untuk menyelenggarakan Pemilihan Serentak 2020.

Hadir dalam kesempatan ini Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang mewakili Pemerintah Republik Indonesia dalam hal ini adalah Presiden Republik Indonesia Bpk. Ir. Joko Widodo yang tidak bisa hadir karena ada beberapa agenda kesibukannya. Dalam sambutannya Mendagri Tjahjo Kumolo menyampaikan apresiasi tinggi atas suksesnya Pemilu 2019.

Terkait Pemilihan 2020 pemerintah mendukung penuh pelaksanaanya, khususnya Kemendagri melalui ditjen otda telah menginstruksikan kepada seluruh Kepala Daerah di seluruh Indonesia yang menyelenggarakan Pemilihan Serentak 2020, untuk selalu mendukung penuh persiapan dan pelaksanaannya agar dapat berjalan dengan lancar dan damai.

Ditegaskan oleh Mendagri Tjahjo Kumolo "saya telah sampaikan kepada Gubernur dan Bupati serta Walikota yang akan menyelenggarakan pemilihan serentak 2020, agar senantiasa membantu penuh persiapan dan pelaksanaannya agar dapat berjalan lancar, Mulai dari kebutuhan Anggaran yang harus segera terpenuhi, Data kependudukan, serta sampai pengamanannya", tegasnya.

Beliau juga menambahkan "Sesuai data yang kami punya, bahwa masih banyak bahkan mayoritas daerah yang belum tuntas dalam pembahasan anggaran pemilihan, maka saya tetap berusaha untuk memerintahkan kepada seluruh kepala daerah tersebut untuk menyelesaikan kebutuhan anggaran bersama penyelenggara pemilu, begitu pula sebaliknya, Penyelenggara pemilu harus berperan aktif membangun komunikasi dan langkah" agar kebutuhannya dapat terpenuhi, khususnya anggaran yg harus segera terpenuhi.

Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu Kabupaten yang akan menyelenggarakan Pemilihan Serentak 2020, sampai saat ini belum melakukan penandatanganan NPHD yang sejatinya sesuai PKPU 15 tahun 2019 terjadwal pada tanggal 1 Oktober 2019. KPU Kabupaten Banyuwangi sampai saat ini masih menunggu tindak lanjut dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk segera melakukan langkah cepat agar sesuai dengan tahapannya. Selain itu KPU Banyuwangi juga telah melakukan koordinasi dengan KPU RI melalui KPU Provinsi Jawa Timur, sebagai pertimbangan mencari solusi jika pada tanggal yang telah ditetapkan tersebut belum juga bisa melakukan tindak lanjut dalam proses penandatanganan NPHD tersebut.

Video Peluncuran Pemilihan Serentak 2020 KPU Republik Indonesia