Banyuwangi (22/7), Agenda rutin setelah Apel Pagi, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyuwangi melanjutkan kegiatannya dalam bentuk Rapat Pleno Tertutup. Kegiatan tersebut merupakan acara yang selalu dilakukan setiap hari Senin yang diikuti oleh Seluruh Komisioner dan Kasubag di semua Divisi.

Pada Rapat Pleno Tertutup kali ini (22/7/2019) merupakan agenda pembahasan lanjutan pasca diselenggarakannya acara Rapat Koordinasi Seluruh Komisioner KPU Kab/Kota dan Sekretaris serta Kasubag Prodata Se - Jawa Timur yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Kediri tentang Penyusunan Program dan Anggaran Pilkada Serentak Tahun 2020.

KPU Kabupaten Banyuwangi sejatinya telah menyelesaikan Perencanaan Program dan Anggarannya, namun dengan adanya Rakor di Kediri tersebut, terdapat beberapa item yang harus disesauikan, seperti Jumlah kegiatan, pembelian barang dan modal serta riancian dalam item kegiatannya. Tidak sedikit pula terdapat penambahan program kegiatan khususnya di Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Parmas, penambahan itu dilakukan sehubungan dengan adanya hasil diskusi bersama seluruh Divisi tersebut dalam kegiatan Rakor tersebut.

Ketua Divisi Sosdiklih Parmas, dan SDM mengatakan, "Bahwa banyaknya kegiatan terkait dengan Sosialisasi dan pendidikan pemilih pada Pilkada mendatang merupakan suatu bentuk komitmen kami di KPU Banyuwangi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, dimana pada Pilkada tahun 2015 sebelumnya Banyuwangi merupakan salah satu Kabupaten/Kota dengan tingkat partisipasi masyarakt terendah di Jawa Timur. Dian Purnawan menambahkan," bahwa kami yakin dan berkomitmen partisipasi masyarakat di Banyuwangi pada Pilkada mendatang meningkat dan sesuai harapan. (Divisi SDM, Parmas & Sosdiklih KPU Kab. Banyuwangi)